oleh

HUT Kopassus, Dandim 0703/Cilacap Gelar Tasyakuran di Asrama Daunlumbung Cilacap

Global Investigasi News | Cilacap ■

Dilahirkan sebagai Prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) menggelar acara Tasyakuran dalam rangka HUT ke 67 Kopassus di Asrama Amirul Isnaeni, Pangkalan Kopassus Daunlumbung Cilacap, Senin (29/04).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji beserta unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap, para sesepuh Baret Merah Kopassus, Kepala BUMN,/BUMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta para undangan lainnya.

Diawal acara, menyanyikan lagu Hymne Komando yang diikuti oleh Dandim, sesepuh Baret Merah dan prajurit Komando dilanjutkan sambutan Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, S.E, M.Tr (Han) dan sesepuh baret merah dalam hal ini disampaikan Mayor Purn. Supono.

Dalam sambutan Danjen Kopassus Mayjen TNI Cantiasa, S.E.,M.Tr (Han) yang dibacakan Dandim 0703/Cilacap mengajak kepada seluruh prajurit, PNS dan keluarga besar Kopassus untuk sejenak merendahkan hati dan menundukkan kepala seraya berdoa yang ditujukan kepada para Pahlawan, sesepuh dan senior Kopassus yang telah mendarmabaktikan dirinya dan mengukir prestasi demi kejayaan Kopassus, TNI, Bangsa dan Negara Indonesia.

Danjen Kopassus mengucapkan “Selamat Ulang Tahun” dan “Dirgahayu Komando Pasukan Khusus” kepada seluruh Prajurit dan PNS Kopassus beserta keluarga dimanapun saat ini bertugas dan berada. Menurut Danjen, penyelenggaraan HUT Kopassus pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban Kopassus kepada TNI AD atas pembangunan kekuatan Kopassus yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2019.

Tema pokok pada HUT ke-67 ini adalah “Melalui HUT Kopassus ke-67 kita tingkatkan profesionalisme yang kuat dan tangguh serta adaptif dalam menghadapi berbagai tantangan
global guna mendukung Tugas Pokok TNI“. Salah satu makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah bahwa Kopassus harus tumbuh dan berkembang menyesuaikan dengan dinamika perkembangan situasi, sehingga Kopassus tidak tertinggal oleh arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis.

Pada kesempatan itu, Dandim menambahkan, sebagai yang di daulat sebagai yang tertua di wilayah Cilacap dan sekitarnya, tujuan penyelenggaraan HUT Kopassus ini untuk mengintegrasikan dan mempersatukan, mempererat lagi tali silaturokhim khususnya keluarga besar Korp Baret Merah agar tali silaturokhim ini tetap terjaga di manapun berada dan bertugas.

” Selama angin masih ada, maka berhembuslah pula nilai perjuangan yang telah dibicarakan oleh para pendahulu Kopassus, selama kita masih bernafas dan menginjakan kaki diatas bumi ini, meskipun saudara saudara saya memasuki masa purna, memasuki masa pensiun, tetapi semangat dan pengabdian kepada bangsa dan negara tidak mengenal waktu dan tempat. Untuk itu dimanapun berada, pada kesempatan ini saya mengucapkan rasa hormat saya kepada para sesepuh. Kepada prajurit Komando yang ada di kewilayahan agar senantiasa menjaga komitmen dan konsisten terhadap cita cita proklamasi yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.” tandasnya.

Sebagai ungkapan rasa syukur, Dandim memotong tumpeng dan diberikan kepada sesepuh Kopassus Mayor Purn. Supono. Pada kesempatan itu pula Dandim memberikan tali asih kepada para sesepuh korps baret merah dan keluarganya. Selanjutnya didampingi Bupati memberikan santunan kepada anak yatim. Diakhir acara, dilakukan pengundian dorprize dimana salah satunya adalah ibadah umroh. (Urip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed